...::: Selamat Datang di Blog Puskesmas Tanjung Brebes :::...

Kamis, 27 Juni 2019

Lokakarya Mini Lintas Sektor Tribulan Pertama Tahun 2019

Di era akreditasi Puskesmas saat ini, peran lokmin lintas sektor Puskesmas menjadi penting. Wadah ini menjadi sumber penting perencanaan dan penjaringan umpan balik pada Rencana Usulan maupun Rencana Pelaksanaan Kegiatan Puskesmas. 

Sebagimana tercantum pada Pedoman PerencanaanTingkat Puskesmas, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, Depkes RI,2006, Lokakarya Mini Tribulanan Lintas Sektor Puskesmas sangat diperlukan sebagai upaya peningkatan kerjasama lintas sektoral. Koordinasi kegiatan sektoral sangat penting untuk keberhasilan pembangunan kesehatan . 

Lokakarya Mini Lintas Sektor dipimpin oleh Camat Tanjung
Didampingi oleh dr Santoso Selaku Ketua Tim Mutu Puskesmas Tanjung

Lokakarya Mini Tribulan Lintas Sektor yang Pertama merupakan Lokakarya penggalangan Tim diselenggarakan dalam rangka pengorganisasian. Pengorganisasian dilaksanakan untuk dapat terlaksananya rencana kegiatan sektoral yang terkait dengan kesehatan. 

Pengorganisasian dilaksanakan sebagai penentuan penanggung-jawab dan peraksana setiap kegiatan serta untuk satuan wilayah kerja. Seluruh program kerja dan wilayah kerja kecamatan dilakukan pembagian habis kepada seluruh sektor terkait, dengan mempertimbangkan kewenangan dan bidang yang dimilikinya.

Acara tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Tanjung Yaitu Camat dan Komandan Koramil (Danramil), Kepala Desa wilayah kerja Puskesmas Tanjung yaitu Desa Sidakaton, Sengon, Lemahabang, Tengguli, Tanjung, Krakahan, dan Pengaradan. Serta Kepala UPTD Pendidikan, PU, KUA, Pertanian, Bidan Desa, dan Staf Puskesmas.

Bahan dalam acara Lokakarya Mini Tribulan Lintas Sektor yang Pertama adalah membahas hasil SMD dan MMD yang sudah dilaksanakan sebelumnya, dalam pertemuan ini dicari solusi permasalahan yang sudah didapat dari SMD dan MMD tersebut.


Pelaksanaan Lokmin Linsek Puskesmas Tanjung Yang dimuat di Harian Radar Tegal 


Agenda Pertemuan tersebut selain membahas hasil SMD dan MMD, Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan bersama program nasional dibidang kesehatan diantaranya adalah Pemberantasan TB dan Sanitasi, dalam hasil SMD dan MMD yang sudah dilaksanakan ke 2 Program tersebut capaian masih belum maksimal sehingga membutuhkan kesepakatan bersama lintas sektor dalam mengatasi masalah kesehatan di lingkungan Kerja Puskesmas Tanjung.

Salam TOSS TB ( Temukan Obati Sampai Sembuh) sebagai Penanda bukti Kesepakatan Lintas Sektor Penanganan TB

Salam STBM (Lebih Bersih, Lebih Sehat) sebagai Penanda bukti Kesepakatan Lintas Sektor Penanganan Sanitasi


Download Pedoman PerencanaanTingkat Puskesmas, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat, Depkes RI,2006  >> Download


2 komentar:

  1. Aulanya bagus sekali.... Kaya hotel bintang. Bravo pusk Tanjung

    BalasHapus
  2. Emang "Mantul" pusat kesehatan masyarakat tanjung.👍

    BalasHapus